pengamalan ilmu hikmah dan cara penggunaanya seperti ilmu hizib dan asmak-asma tingkat tinggi serta ilmu tenaga dalam, pengijazahan amalan hikmah asli bersanad sohih

READING ARTICLES WITH OTHER LANGUAGES

belajarlah dengan tuntunan guru yang bersanad sohih (www.indohikmah.blogspot.com)

TENAGA DALAM ASMAK KURUNG DAN PEMBANGKITANNYA

BISMILLAHIRROHMANIRROHIM

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai ilmu tenaga dalam asmak kurung, pasti bagi anda yang bergelut dalam belajar ilmu tenaga dalam pastinya tidak asing dengar tenaga dalam asmak kurung ini, tulisan ini saya ambil dari blog kami yaitu http://griyahikmah.com/ atau http://indohikmah.blogspot.com. dan kami akan mencoba mengupas sedikit penjelasannya.

insyaAllah dalam pembahasan Tenaga Dalam Asmak Kurung ini akan terus berlanjut, mulai dari mengenal apa itu tenaga dalam asmak kurung, kemudian bagaimana cara pembangkitannnya sampai cara penggunaannya untuk hajat yang lainnya.

A. Mengenal Tenaga Dalam Asmak Kurung


Tenaga dalam asma kurung merupakan tenaga dalam yang bila dilihat dari katanya “kurung” artinya tempat untuk berlindung atau perisai pelindung, itu artinya tenaga dalam asma kurung adalah tenaga dalam untuk melindungi diri dari serangan luar.

Pada era tahun 70-n di sekitar lingkungan pesantren, Tenaga dalam asma kurung cukup dikenal bahkan menjadi bekal untuk bela diri selain dari gerak silat. Ciri khas dari tenaga dalam asma kurung adalah, ia bersifat defensif (bertahan)dan sifatnya yang tidak demonstratif.
Pada perkembangannya asma kurung telah mengalami banyak sekali perubahan dan cabang keilmuannya, banyak sekali aliran atau kelompok tertentu yang mengatasnamakan alirannya sebagai asma kurung tapi satu sama lain memiliki perbedaan yang mendasar.

Pada kesempatan yang pertama ini griyahikmah mencoba membagikan kepada saudara pembaca yang budiman yaitu bagaimana membangkitkan tenaga dalam asma kurung dan insyaAllah selalu berkelanjutan hingga bagaimana menggunakannya dan memanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari baik untuk diri sendiri atau untuk membantu sesama bagi yang membutuhkan.

B. Pembangkitan Tenaga dalam Asmak Kurung


Sebelum kita membahas lebih lanjut perlu diketahui secara benar apa itu asma kurung, kurung dalam bahasa jawa yang artinya “sangkar”, maka seseorang yang belajar dan menguasai ilmu tenaga dalam aliran tersebut memfisualisasikan bahwa dirinya berada dalam suatu sangkar ghaib yang melindungi dirinya dari serangan luar.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam membangkitkan tenaga dalam asma kurung dan juga membiaskan garis lingkar tubuh

Diantaranya adalah sbb;

a. Wirid dasar pembangkitan tenaga dalam asmak kurung

Wirid dasar pembangkitan tenaga dalam asmak kurung ini bisa juga dikatakan wirid pokok. Ini menjadi wajib diamalkan oleh siapa yang hendak membangkitkan tenaga dalam asma kurung.
Amalan yang dimaksudkan adalah ayat dibawah ini surat At Taubah 128-129.

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ
فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

Wirid dasar tersebut memiliki faedah bertahan, ia memberikan reaksi menahan dan membelokkan arah serangan lawan, sedangkan wirid yang memiliki reaksi menolak sekaligus mengembalikan serangan penyerang sesuai getaran emosi terdapat pada amalan wirid yang kedua.

b. Wirid yang kedua pembangkitan tenaga dalam asmak kurung
 wirid ini diambil dari surat Al Anfal ayat yang ke 17, yaitu :


 وَمَا رَمَيْتَ إِذْ رَمَيْتَ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ رَمَىٰ

Ayat tersebut memiliki faedah menolak dan mengembalikan serangan lawan, dari kedua wirid dasar tersebut tentunya sangat populer bagi pengamal tenaga dalam
Dalam pembangkitkan tenaga dalam asma kurung tentunya memiliki cara dan tahap-tahap yang harus dilewati, tidak hanya dengan mengamalkan wirid diatas maka tenaga dalam akan bangkit,  tentunya tidak seperti itu mudahnya, jadi perlu step demi step yang harus dilakukan

Demikian sedikit ulasan mengenai tenaga dalam asmak kurung dalam hal dasar pembangkitan tenaga dalam asmak kurung, dikesematan selanjutnya insyaAllah akan dijelaskan mengenai tata cara pembangkitan tenaga dalam asmak kurung


BACA JUGA :





0 Komentar untuk "TENAGA DALAM ASMAK KURUNG DAN PEMBANGKITANNYA"
Back To Top